Minggu, Maret 03, 2013

Tips Persiapan Membuat Kue Kering

     
     Buat kamu yang lagi bingung persiapan membuat kue kering buat tugas sekolah/eksperimen di rumah, atau ibu-ibu di rumah yang akan membuat kue kering untuk usaha atau buat camilan dirumah. Don't Worry.
Postingan ini cocok banget bagi anda semua. 
Langusng aja ini beberapa tips-nya: 

1.      Pilihlah bahan yang berkualitas, amati tanggal kadaluarsa dari bahan tersebut.

2.      Timbang bahan dengan tepat.

3.      Jika ada penambahan bahan seperti kacang tanah, wijen, atau kacang-kacangan, sebaiknya sangrai terlebih dahulu.

4.      Jika bahan dasar yang digunakan adalah tepung sagu, sangrai tepung terlebih dahulu kurang lebih 10 menit. Pastikan kondisi tepung sudah dingin sebelum digunakan. Ada baiknya Anda menyangrainya sehari sebelum digunakan.

5.      Buatlah kue kering sesuai resep atau sesuai dengan yang disarankan. Misalnya, jika di dalam resep tertera adonan harus dicetak maka cetaklah, tidak boleh disempritkan.

6.      Pengocokan mentega/margarin tidak boleh terlalu lama, karena dapat menyebabkan adonan melebar pada saat dipanggang, sehingga akan merusak bentuk kue kering.

7.      Jika ingin menggunakan bahan isi kue kering berupa kismis, rendam kismis dengan air hangat sampai teksturnya lembut. Tiriskan dan siap pakai.

8.      Pastikan kue kering tidak panas atau sudah dingin, sebelum menghiasnya dengan coklat tim. Masukkan kue kering ke dalam lemari pendingin sampai coklat mengeras saat akan dikemas dalam toples, pastikan kondisi kue kering bersuhu normal (suhu ruang) agar kue tidak berembun.

9.      Jangan terlalu tebal atau terlalu tipis dalam mencetak adonan kue kering. Kue kering yang yang terlampau tebal, akan menyebabkan bagian dalamnya lembab (tidak kering). Sebailiknya, jika terlampau tipis, kue kering akan mudah hancur (rapuh).

10.  JIka kue kering diisi dengan bahan isian berupa jagung, dsb. Tusuk adonan dengan tusuk sate atau garpu sebelum dipanggang.  

Nah, itulah beberapa tipsnya. semoga bermanfaat yaa . . . Amiinnn


Dikutip dari : Kreasi Kue Kering; Koleksi Resep Majalah Paras 

1 komentar:

Unknown
29 Agustus 2016 pukul 11.25

Makasih ya atas sharenya snagat bermanfaat sekali...
Kue donat

Posting Komentar